Back to home

Senin, 14 Februari 2011

Susu Bikin Jerawat!!!

Alan Logan, ND, penulis buku The Clear Skin Diet, menyebutkan bahwa konsumsi susu sebaiknya dikurangi bila ingin memiliki kulit mulus bebas jerawat. Menurutnya, meski susu termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah, tapi susu mengandung banyak hormon. Salah satunya kaitan antara konsumsi susu dengan timbulnya jerawat.

Para ahli kulit menduga susu memercepat sintetis androgen dalam tubuh, yakni hormon pria yang ada dalam tubuh wanita maupun pria. Hormon androgen menyebabkan sebum (minyak) lebih banyak dihasilkan kelenjar minyak. Jerawat terjadi ketika sebum yang biasanya keluar ke permukaan kulit itu tersumbat.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of American Academy of Dermatology juga menunjukkan kaitan antara susu dengan jerawat. Dalam studi yang mensurvei 47.335 wanita itu diketahui wanita yang minum susu dua gelas atau lebih setiap hari mengalami masalah jerawat. Meski begitu, Richard Fried, MD, dermatologi dan penulis buku Healing Adult Acne menyebutkan tidak semua orang bereaksi sama terhadap makanan. Ia menyarankan agar kita membuat daftar makanan yang dikonsumsi.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas Erik Suwandi:
Bener juga tuh, pantes saya dulu juga banyak jerawatnya, tpi setelah saya gak ngonsumsi susu lagi lama2 jerawat itu ilang juga mas...

Salam,
Alumni SMP Mutiara Bangsa